Esensi research–development terdapat pada upaya-upaya penemuan, pembaruan dan pengembangan yang berkesinambungan; yang kemudian diwujudkan dalam bentuk skema, strategi, rencana, peta jalan atau bahkan hingga tahapan instrumentalisasi dan permodelan.

SYNTHESIS telah lebih dari 8 tahun menemani pertumbuhan dan perubahan para pihak melalui upaya-upaya tersebut. Periode kerja yang kental ditandai dengan besar dan cepatnya pergeseran pola relasi antar para pelaku pembangunan. Transformasi tata pemerintahan, otonomi pemerintah daerah, perbaikan tata kelola dan tuntutan adopsi prinsip pembangunan berkelanjutan bagi korporasi, perubahan konstalasi peran dan fungsi lembaga-lembaga masyarakat sipil, serta tumbuhnya kekuatan dahsyat baru yang berbasis komunitas. Format kolaborasi multipihak antar para pelaku pembangunan menjadi keharusan. Ruang partisipasi dan dukungan publik menjadi syarat sekaligus tujuan. Seluruhnya, menjadi nilai konsiderasi utama dalam setiap upaya kami.

Rekam jejak kami, antara lain pengembangan konsep dan kebijakan dasar trust fund di beberapa kawasan di Indonesia ataupun model kerja kolaborasi berkelanjutan lainnya, fasilitasi perencanaan dengan fokus isu spesifik pada ekosistem karst dan spesies orangutan, terlibat dalam pengembangan model implementasi REDD+ pertama yang berbasis wilayah yuridiksi di Kabupaten Berau, fasilitasi perencanaan dan riset evaluasi bagi PNPM Green, riset dan fasilitasi penyepakatan visi pembangunan berkelanjutan 2050 dari prespektif korporasi Indonesia serta berbagai upaya dukungan lainnya, memberikan gambaran bahwa kami telah mencoba memberikan manfaat dan pengaruh strategis bagi terbentuknya pola kerjasama pembangunan masa depan di Indonesia.

Kompleksitas permasalahan pembangunan di Indonesia menuntut penanganan bijak yang komprehensif, serta membutuhkan terobosan baru yang aplikatif dan replikatif. Keluasan paduan latar keilmuan, keahlian dan pengalaman lapang para rekan kami akan menjadi landasan bagi setiap kerja telaah, analisa, fasilitasi serta perencanaan yang solutif, mempertimbangkan prespektif seluruh pihak dan sensitif pada perkembangan arah kebijakan global dan nasional terkini.

Kami percaya, seperti yang dituliskan Richard Watson dalam pengantar bukunya, The Future: 50 Ideas You Really Need to Know (2012), bahwa masa depan itu tak tertulis, namun bagaimana kita membayangkannya bisa mempengaruhi sikap dan perilaku kita saat ini, sebagaimana masa lalu kolektif kita menjadikan siapa kita dan bagaimana kita bertindak sekarang ini.

Orientasi kami dalam setiap upaya dukungan bagi pengembangan skema, strategi, rencana, instrumen dan model adalah tatanan kehidupan masa depan yang lebih lestari dan berkelanjutan. Kami bukanlah sekedar sekelompok konsultan, kami adalah mitra potensial Anda untuk bersma-sama merancang masa depan Anda, masa depan kita semua, masa depan generasi mendatang.